Penyebab Busuknya Daun Anggrek

Penyebab Busuknya Daun Anggrek

Penyebab Busuknya Daun Anggrek – Anda pasti setuju bahwa anggrek adalah tumbuhan dengan bunga yang sangat indah. Perpaduan sempurna antara kelopak bunga, tangkai, dan postur tumbuhan membuat banyak orang terpesona dengan keindahan bunga yang satu ini. Bunga anggrek juga memiliki aroma yang sangat khas. Anda tidak dapat menemukannya di bunga lain. Maka tak heran jika banyak orang yang mengoleksi anggrek.

Busuk daun anggrek juga bisa disebabkan oleh penyakit. Penyakit busuk daun pada anggrek memiliki gejala awal antara lain munculnya bintik hitam pada daun, tekstur daun menjadi lunak dan berair, turgor tanaman menghilang, dan daun akan mengeluarkan bau busuk yang khas. Ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi Busuknya Daun Anggrek.

Memotong bagian tanaman yang terkena

Penyakit busuk daun yang menyerang tanaman anggrek dapat menyebar dengan sangat cepat melalui jaringan transportasi. Untungnya tumbuhan sudah memiliki mekanisme pertahanan alami. Tanaman akan menghambat jaringan transpor yang terinfeksi dengan menggunakan metabolit sekunder.

Menggunakan 0,1% Solusi Sublimasi

Penyakit pucuk yang menyerang anggrek disebabkan oleh Pesudomonas aeruginosa. Upaya membasmi bercak kecil pada permukaan daun bagian atas dapat dilakukan dengan menggunakan larutan sublimat 0,1%. Triknya adalah Anda menerapkan bagian tanaman yang terinfeksi menggunakan larutan ini.

Ambil Streptomisin dan Terramycin

Selain menggunakan antibakteri, Anda juga bisa memanfaatkan antibiotik untuk melawan penyakit busuk daun. Antibiotik yang biasa digunakan di bidang pertanian adalah formula Streptomycin dan Terramycin. Antibiotik telah terbukti berhasil mengurangi infeksi busuk lunak pada tanaman. Infeksi bisa segera dihentikan. Sayangnya, formula ini sebaiknya tidak digunakan dalam skala besar karena dapat menimbulkan dampak sisa. Demikian ulasan tentang penyebab Busuknya Daun Anggrek semoga bermanfaat.

Sumber: Pusat Anggrek Murah

Baca Juga tentang Anggrek di Angphotorion

Back to Top