Contoh Penerapan Teknologi Digital Dalam Pendidikan

Contoh Penerapan Teknologi Digital Dalam Pendidikan

Kehadiran teknologi digital bukan hanya berpengaruh di kehidupan sehari-hari saja, melainkan juga dalam bidang pendidikan. Ada banyak manfaat bagi siswa ataupun pengajar dengan hadirnya teknologi digital seperti dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah melalui jaringan internet.

Dari kemudahan tersebut lembaga pemerintah dan pendidikan menerapkan teknologi digital sebagai trobosan agar mendorong minat belajar para siswa. Lantas apa saja contoh penerapan teknologi digital itu, selengkapnya silahkan baca ringkasan berikut.

Penerapan Teknologi Digital Dalam Pendidikan

1. Kelas online

Kegiatan belajar melalui kelas online merupakan salah satu penerapan teknologi digital, yaitu dilakukan secara virtual melalui perangkat dan terhubung karena adanya jaringan internet. Kegiatan ini dilakukan tanpa tatap muka secara langsung dan dimana saja tanpa harus pergi kesekolahan ataupun kampus.

2. Tes atau ujian secara online

Penerapan ini sudah ada pertama kali pada tahun 2014 pada tingkat SMP, dan merupakan perubahan dari sebelumnya yang menggunakan kertas beralih ke dokumen atau lembar kerja online.

3. PPDB online

Memiliki kepanjangan “Penerimaan Peserta Didik Baru”, cara ini sebelumnya dilakukan secara langsung dengan mendaftar pada tempat sekolah berada. Namun dengan hadirnya teknologi digital, kegiatan ini dapat dilakukan secara online melalui website sekolah dengan memasukkan NISN dan persyaratan lainnya.

4. Video Belajar

Hampir sama dengan kelas online, tapi pemahaman terhadap suatu materi dibagikan dari pengajar ke siswa dalam bentuk video yang dapat diakses secara online dalam waktu tertentu. 

Baca Juga: cara menghilangkan jejak pinjaman online

Sumber: Gasken.co

Back to Top